Abstract :
Berpikir kreatif adalah kemampuan seseorang untuk menemukan berbagai
kemungkinan cara dalam menemukan solusi, baik berupa gagasan maupun proses
penyelesaian yang merupakan mengkombinasi dari hal-hal yang telah ada, dan
relatif berbeda dengan sebelumnya, namun setiap siswa mempunyai cara berpikir
kreatif yang berbeda-beda karena setiap siswa memiliki kemampuan matematika
yang berbeda sesuai hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan
analisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal HOT
berdasarkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan
menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian berjumlah enam
siswa kelas X SMK PGRI 1 Sidoarjo, yang terdiri dari 2 siswa dengan
kemampuan matematika rendah, 2 siswa dengan kemampuan matematika sedang
dan 2 siswa dengan kemampuan matematika tinggi. Data yang diperoleh pada
penelitian ini yaitu data hasil tes soal Hot dan data wawancara. Data yang
diperoleh dianalisis dengan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa
dalam menyelesaikan soal HOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap
siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif yang berbeda-beda dalam
menyelesaikan soal HOT. Siswa dengan hasil belajar tingkat rendah, belum
memenuhi indikator fluency, flexibility dan originality. Siswa dengan hasil belajar
tingkat sedang, satu subjek ada yang telah memenuhi indikator fluency dan satu
subjek belum memenuhi indikator fluency, flexibility dan originality. Siswa
dengan hasil belajar tingkat tinggi, memenuhi indikator fluency, flexibility dan
originality.