Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan proses berpikir konseptual siswa kelas
VIII dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun ruang sisi datar.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas
VIII di Desan Entalsewu Sidoarjo yang terdiri dari dua siswa. Pemilihan subjek
penelitian tes tulis dan think aloud. Pengumpulan data menggunakan hasil tes tulis
dengan think aloud. Keabsahan data menggunakan teknik rich (pantas/kaya). Data
dianalisis menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil menunjukkan bahwa subjek dalam menyelesaikan soal cerita pada materi
bangun ruang sisi datar “cenderung konseptual, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis
bahwa subjek “mampu memenuhiâ€ciri-ciri proses berpikir konseptualâ€â€. “Subjek
memenuhi ciri-ciri mampu menjelaskan secara utuh masalah matematika yang
sedang dihadapiâ€â€, “mampu menentukan objek kunci dari saling keterkaitan objekobjek dalam masalah matematikaâ€,â€â€œ menemukan strategi penyelesaian masalah
matematika berdasarkan objek kunci tersebutâ€,â€â€œmampu menjelaskan langkahlangkah penyelesaian masalah melalui argumen matematikaâ€,â€dan mampu
menjelaskan cara mengkonsep ulang jika terjadi kesalahan dalam penyelesaian,
menelusuri kontradiksi, dan mengejar solusi alternatifâ€.