DETAIL DOCUMENT
Analisis Proses Berpikir Reflektif Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa.
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Sari, Ninda Yulia
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2021-06-22 08:21:57 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses berpikir reflektif siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan mendeskripsikan berpikir reflektif dalam pemecahan masalah ditinjau dari gaya belajar. Gaya belajar yang digunakan peneliti merupakan gaya belajar menurut Kolb yang terdiri dari empat macam gaya belajar 1) accommodator, 2) diverger, 3) assimilator, 4) converger. Penelitian ini menggunakan langkah pemecahan masalah dan tahap proses berpikir reflektif menurut John Dewey. Langkah pemecahan masalah ada lima langkah yaitu : 1) confort the problem, 2) define problem, 3) formulation, 4) test, 5) evaluation dan tahap proses berpikir reflektif memuat 5 tahap yaitu : 1) recognize or felt difficulty problem, 2) location and definition of the problem, 3) suggestion of possible solution, 4) rational elaboration of an idea, 5) test and formation of conclutin. Penelitian ini menggunakan delapan subjek dengan masing-masing gaya belajar dua subjek. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode tes dan wawancara. Hasil penelitian: subjek melakukan langkah pemecahan masalah secara lengkap berarti subjek melakukan langkah proses berpikir reflektif. Proses bepikir reflektif dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar accommodator belum dilakukan dengan baik karena tidak melakukan tahap test and information of conclutin. Proses bepikir reflektif dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar diverger belum dilakukan dengan baik karena tidak melakukan tahap rational elaboration of an idea dan test and information of conclutin. Proses bepikir reflektif dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar assimilator belum dilakukan dengan baik karena tidak melakukan tahap rational elaboration of an idea dan test and information of conclutin. Proses bepikir reflektif dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar converger dilakukan dengan baik. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo