Abstract :
Problem Based Instruction (PBI) merupakan suatu pembelajaran siswa
mengerjakan permasalahan yang autentik dengan maksud untuk menyusun
pengetahuan mereka sendiri, mengembangkan inkuiri dan ketrampilan berpikir
tingkat lebih tinggi, mengembangkan kemandirian, dan percaya diri. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemcahan masalah
matematis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan Problem Based
Instruction (PBI) berbantuan program geogebra yang dilakukan oleh peneliti pada
siswa kelas XI AK-1 SMK PGRI 3 Sekardangan. Jenis penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen dengan pendekatan kuatitatif dengan desain perlakuan
tunggal (One-Shot Case Study). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI
AK-1 SMK PGRI 3 Sekardangan tahun pelajaran 2019/2020, Teknik pengambilan
sampel ini peneliti menggunakan teknik Simple Random Sampling sampel
dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada pada populasi itu.
Sampel dalam penelitian ini yaitu 10 siswa XI jurusan akuntansi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh Problem Based Instruction (PBI)
berbantuan program geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah yang
ditunjukkan dari nilai thitung = 0,520 < ttabel = 2,306 dan didukung dengan kondisi
probabilitas signifikan sebesar (0,617) yang lebih dari α 0,05. Selain itu ditunjukkan
juga dengan persamaan regresi linearnya yaitu Ŷ = 34,577+0,001X yang
memperlihatkan bahwa Problem Based Instruction (PBI) berbantuan program
geogebra dilaksanakan kurang baik maka kemampuan pemecahan masalah siswa
juga kurang baik. Problem Based Instruction (PBI) berbantuan program geogebra
memiliki konstribusi/pengaruh sebesar 3,3% terhadap kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa.