Abstract :
Penelitian ini menggunakan metode pegembangan 3D (Define, Design, Develop) sehingga akan di dapat kevalidan, kepraktisan
dan keefektifan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran berbasis aplikasi
android yang dioperasikan oleh smartphone (2) mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran
dengan menggunakan tes hasil belajar peserta didik pada materi himpunan kelas VII.
Dari hasil uji coba pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android pada materi himpunan kelas VII menghasilkan
media pembelajaran yang valid karena memenuhi : (1) kategori cukup valid untuk hasil uji validasi (2) kategori valid untuk hasil
ujicoba praktisi. Dari hasil uji coba peserta didik pada kelas VII A dan VII B SMP Hasjim Ashari menghasilkan media
pembelajaran yang efektif : (1) Tes hasil belajar siswa diatas kriteria ketuntasan minimal, (2) hasil respon peserta didik menarik,
navigasi berfungsi dengan baik, animasi dan backsound tidak menggangu.