Abstract :
Masyarakat Indonesia banyak yang gemar menonton televisi untuk mencari hiburan, penghilang stres, dan penat. Program acara yang disajikan dalam televisi maupun pada media massa lainnya mempunyai pengaruh yang baik juga buruk. Program acara merupakan salah satu komunikasi massa yang memiliki pengaruh dalam penentuan keinginan pada masyarakat. Program acara juga memiliki tema di setiap tayangannya. Hal ini yang membuat program acara memiliki peluang yang tinggi untuk mempengaruhi para penontonnya. Teori efek komunikasi massa digunakan dalam penelitian ini karena pengaruh dalam penelitian ini disebabkan oleh komunikasi massa. Efek komunikasi massa meliputi efek kognitif, efek afektif dan efek behavioral. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada program acara "Ini Talk Show" NET TV terhadap kreatifitas dalam membuat program acara televisi pada siswa-siswi SMK Negeri 1 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode kuesioner yang disebar kepada siswa-siswi SMK Negeri 1 Surabaya jurusan broadcasting yang pernah menonton program acara "Ini Talk Show" NET TV minimal 1x. Metode analisis yang digunakan menggunakan metode regresi linier yang akan menunjukan kekuatan hubungan antara variabel bebas pengaruh program acara "Ini Talk Show" NET TV terhadap variabel terikat yaitu kreatifitas dalam membuat program acara televisi pada siswa-siswi smk negeri 1 Surabaya. Dari hasil analisa dan pembahasan yang dilakukan maka simpulan yang dapat diambil yaitu berdasarkan analisis regresi linier sederhana, variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen sebesar 36,9%. Ini membuktikan besarnya tingkat menonton media televisi akan berdampak pada individu yang menontonnya, sedangkan sisanya (100% - 36,9% = 63,1%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Efek komunikasi massa yang paling berpengaruh terdapat pada efek behavioral 64 responden atau 92,75% menyatakan sangat setuju untuk mengembangkan kreatifitasnya dalam membuat program acara televisi.