DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI STRATEGI COOPERATIVE LEARNING DENGAN METODE TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA SEMESTER GANJIL KELAS XII IIS DI SMAS EMPAT LIMA 1 BABAT LAMONGAN
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Hardianti, Rischa Jaya
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2021-06-22 08:24:05 
Abstract :
Kurangnya kualitas program pembelajaran di Sekolah, seringkali disebabkan oleh sistem pembelajaran yang dilakukan di Sekolah tersebut. Kebanyakan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar hanya datang, mengikuti ceramah guru, melihat guru menulis di papan tulis, lalu mengingat segala informasi yang di berikan oleh guru. Untuk menanggulangi hal itu telah banyak konsep pembelajaran aktif yang ditawarkan. pembelajaran aktif nampaknya merupakan jawaban atas permasalahan tentang rendahnya mutu atau kualitas pembelajaran di Indonesia pada umumnya, salah satunya adalah penerapan strategi cooperative learning dengan metode teams game tournament. Dengan menerapkan pembelajaran ini, diharapkan mutu atau kualitas pembelajaran meningkat, sebab pada pembelajaran ini keaktifan peserta didik lebih diutamakan. Tujuan penelitian ini adalah (l) Untuk mengetahui bagaimana perencanaan dalam implementasi strategi cooperative learning dengan metode teams game tournamen dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Indonesia semester ganjil kelas XII IIS SMAS Empat Lima 1 Babat Lamongan. (2) Untuk mengetahui bagaimana melaksanakan implementasi strategi cooperative learning dengan metode teams game tournamen dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Indonesia semester ganjil kelas XII IIS SMAS Empat Lima 1 Babat Lamongan. (3) Untuk mengetahui cara mengevaluasi implementasi strategi cooperative learning dengan metode teams game tournament dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Indonesia semester ganjil kelas XII IIS SMAS Empat Lima 1 Babat Lamongan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian PTK kolaboratif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain: observasi, wawancara, dokumentasi, pengukuran tes, dan catatan lapangan. Analisis yang digunakan peneliti menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Urutan kegiatan penelitian mencakup 4 tahap meliputi: (l) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo