Abstract :
Kurangnya kualitas program pembelajaran di Sekolah, seringkali disebabkan
oleh sistem pembelajaran yang dilakukan di Sekolah tersebut. Kebanyakan siswa
dalam mengikuti proses belajar mengajar hanya datang, mengikuti ceramah guru,
melihat guru menulis di papan tulis, lalu mengingat segala informasi yang di
berikan oleh guru. Untuk menanggulangi hal itu telah banyak konsep pembelajaran
aktif yang ditawarkan. pembelajaran aktif nampaknya merupakan jawaban atas
permasalahan tentang rendahnya mutu atau kualitas pembelajaran di Indonesia pada
umumnya, salah satunya adalah penerapan strategi cooperative learning dengan
metode teams game tournament. Dengan menerapkan pembelajaran ini, diharapkan
mutu atau kualitas pembelajaran meningkat, sebab pada pembelajaran ini keaktifan
peserta didik lebih diutamakan.
Tujuan penelitian ini adalah (l) Untuk mengetahui bagaimana perencanaan
dalam implementasi strategi cooperative learning dengan metode teams game
tournamen dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah
Indonesia semester ganjil kelas XII IIS SMAS Empat Lima 1 Babat Lamongan. (2)
Untuk mengetahui bagaimana melaksanakan implementasi strategi cooperative
learning dengan metode teams game tournamen dalam meningkatkan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran Sejarah Indonesia semester ganjil kelas XII IIS SMAS
Empat Lima 1 Babat Lamongan. (3) Untuk mengetahui cara mengevaluasi
implementasi strategi cooperative learning dengan metode teams game tournament
dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Indonesia
semester ganjil kelas XII IIS SMAS Empat Lima 1 Babat Lamongan.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian PTK
kolaboratif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain: observasi,
wawancara, dokumentasi, pengukuran tes, dan catatan lapangan. Analisis yang
digunakan peneliti menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Urutan kegiatan
penelitian mencakup 4 tahap meliputi: (l) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3)
pengamatan dan (4) refleksi.