Abstract :
Sarana dalam bidang pendidikan harus bisa dimanfaatkan oleh guru untuk
memfasilitasi peserta didik guna memperbaiki kualitas pendidikan, salah satunya
yaitu media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan
proses pengembangan media pembelajaran matematika papan dadu transformasi
dan memperoleh media pembelajaran matematika yang valid, praktis dan efektif
untuk digunakan pada materi transformasi untuk peserta didik kelas XI SMA. Jenis
penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Development and
Research) dengan pendekatan mixed research yang dikembangkan berdasarkan
model 4-D Thiagarajan. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2020/2021.
Pada tahap pendefinisian, peneliti mewawancarai salah satu guru matematika di
SMK PGRI ? 2 Sidoarjo dan salah satu guru di SMA TPI Porong, 14 peserta didik
di SMK PGRI ? 2 Sidoarjo, dan 8 peserta didik di SMA TPI Porong. Pada tahap
perancangan, produk yang dihasilkan adalah ?Papan Dadu Transformasi?, yaitu
media pembelajaran berbasis permainan papan dengan menggunakan dadu. Pada
tahap pengembangan akan dihasilkan kualitas media pembelajaran ?Papan Dadu
Transformasi? meliputi kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Kevalidan media
pembelajaran ?Papan Dadu Transformasi? memenuhi kriteria valid secara media
dengan nilai 2,984 dan memenuhi kriteria sangat valid secara materi dengan nilai
3,358. Kepraktisan media pembelajaran ?Papan Dadu Transformasi? memenuhi
kriteria praktis secara teori yang dinilai oleh empat validator melalui penilaian
secara umum dan memenuhi kriteria sangat praktis dengan nilai 88,89% yang
dinilai oleh satu observer saat ujicoba berlangsung. Keefektifan media
pembelajaran ?Papan Dadu Transformasi? memenuhi kriteria positif dengan nilai
83,348% yang dinilai oleh peneliti berdasarkan analisis angket peserta didik dan
100% peserta didik mendapatkan nilai tuntas ketika mendapat nilai tes hasil belajar,
sehingga media pembelajaran ?Papan Dadu Transformasi? memenuhi kriteria
efektif.