Abstract :
Berpikir kritis merupakan kegiatan yang memerlukan pimikiran secara detail
untuk menyelesaikan masalah dan membuat keputusan dengan tujuan sebagai
kompetensi aktivitas sehari-hari dan masa yang akan datang. Pembelajaran yang
sesuai berpikir kritis adalah pembelajaran matematika yang berlevel High Order
Thinking Skills (HOTS) yaitu proses berpikir tinggi dalam menyelesaikan masalah
matematika yang mencakup proses menganalisa (C4), dan mengevaluasi (C5).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam
menyelesaikan soal High Order Thinking Skills (HOTS). Metode yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif menggunakan deskripsi untuk memecahkan masalah
berdasarkan data-data pada saat penelitian dengan populasi siwa kelas X SMA N
1 Kasiman tahun ajaran 2019/2020, sampel 3 siswa yang diambil dari jurusan
IPA. Dari hasil penelitian siswa 1 dapat memenuhi indikator berpikir kritis
(Focus, Reason, inference, Situation, Clarity, dan Overview), sedangkan siswa 2
juga dapat memenuhi indikator berpikir kritis (Focus, Reason, dan inference,) dan
pada siswa 3 juga memenuhi indikator berpikir kritis (Focus, dan Reason).