Abstract :
Penelitian ini membahas mengenai lembar kerja siswa terhadap kemampuan
berdiskusi siswa pada kelas 4 Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui adanya pengaruh lembar kerja siswa terhadap kemampuan berdiskusi
siswa pada kelas 4 Sekolah Dasar. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian
metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen
Design), dengan subjek berjumlah 11 siswa dari kelas eksperimen dan kontrol,
dikarenakan adanya keterbatasan peneliti untuk melakukan penelitian di era
pandemi Covid19. Teknik dan pengumpulan data dengan menggundakan observasi
dan pengamatan, Data hasil pengamatan peneliti untuk mengetahui penggunaan
lembar kerja siswa terhadap kemampuan berdiskusi siswa yakni penggunaan lembar
kerja siswa berdasarkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada saat berdiskusi atau
berkelompok yang menjadikan hasil kemampuan berdiskusi siswa pada LKS dapat
optimal, karena selain bekerjasama dengan kelompoknya siswa juga dituntut untuk mandiri
dalam setiap pembelajaran Dengan demikian setiap siswa dapat dengan mudah
mempelajari topik yang dipilihnya. Analisis Data hasil observasi untuk mengetahui
pengaruh lembar kerja siswa terhadap kemampuan berdiskusi siswa yaitu pengaruh
lembar kerja siswa terhadap kemampuan berdiskusi siswa kelas 4 sekola dasar
dilihat dari data penelitian observasi kelas kontrol dapat diketahui menunjukkan
bahwa nilai terendah yang diperoleh di kelas kontrol yaitu 80 dan nilai yang
tertinggi di kelas kontrol yaitu 95 dengan jumlah 5 kriteria penilaian. Nilai ratarata yang diperoleh siswa yaitu mencapai 85,8. Sehingga dapat dilihat pada kelas
kontrol setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan pembelajaran berdikusi
kelompok mengalami peningkatan yang cukup banyak