Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe scramble terhadap keterampilan berpikir siswa pada kelas 1
Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimen
Design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 1 Sekolah Dasar dengan
subjek berjumlah 12 siswa, 6 siswa dari kelas eksperimen dan 6 siswa dari kelas
kontrol dikarenakan adanya keterbatasan peneliti untuk melakukan penelitian di
era pandemi Covid19. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi,
dan tes tulis pre-test dan post-test. Hasil penelitian dari pengaruh dianalisis
dengan menggunakan statistik uji-t pada taraf signifikan ? = 0,05 sehingga hasil
yang diperoleh nilai thitung (24,112) ttabel (2,570) maka H1 ditolak dan H0 diterima.
Selain itu didukung dari nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 ? 0,05 maka H1 ditolak
dan H0 diterima. Hasil penelitian terhadap aktivitas siswa pada kelas eksperimen
di perolehan nilai rata-rata secara keseluruhan yaitu 87,5% termasuk dalam
kategori sangat aktif, sedangkan pada kelas kontrol dengan rata-rata secara
keseluruhan yaitu 62,5% tergolong cukup aktif.