DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Yanti, Eka Febi
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2021-11-30 03:52:57 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap keterampilan berpikir siswa pada kelas 1 Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimen Design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 1 Sekolah Dasar dengan subjek berjumlah 12 siswa, 6 siswa dari kelas eksperimen dan 6 siswa dari kelas kontrol dikarenakan adanya keterbatasan peneliti untuk melakukan penelitian di era pandemi Covid19. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dan tes tulis pre-test dan post-test. Hasil penelitian dari pengaruh dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t pada taraf signifikan ? = 0,05 sehingga hasil yang diperoleh nilai thitung (24,112) ttabel (2,570) maka H1 ditolak dan H0 diterima. Selain itu didukung dari nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 ? 0,05 maka H1 ditolak dan H0 diterima. Hasil penelitian terhadap aktivitas siswa pada kelas eksperimen di perolehan nilai rata-rata secara keseluruhan yaitu 87,5% termasuk dalam kategori sangat aktif, sedangkan pada kelas kontrol dengan rata-rata secara keseluruhan yaitu 62,5% tergolong cukup aktif. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo