Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang ada di kelas III SD
Negeri Kemiri. Siswa kurang bisa memahami materi yang dipelajari sehingga
kemampuan berpikir siswa masih kurang. Dari permasalahan tersebut, peneliti
ingin mengembangkan suatu media pembelajaran Explosion Box yang akan
menjadi solusi penyemangat siswa dalam proses pembelajaran. tujuan penelitian
ini untuk mengembangkan media pembelajaran Explosion Box untuk melatih
keterampilan berpikir siswa dan menilai kelayakan media pembelajaran tersebut
agar dapat digunakan sebagai media pembelajaran di SD.
Penelitian ini menggunakan penelitian (research and development) yang melalui
tujuh tahap antara lain: 1) analisis potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3)
desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, dan 7)
revisi produk. Uji coba media pembelajaran dilaksanakan di rumah peneliti pada
siswa kelas III SD dengan total responden sejumlah 12 siswa, 6 siswa kelas
eksperimen dan 6 siswa kelas kontrol.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Explosion Box
mendapat penilaian dari aspek kelayakan materi sebesar 89% dengan kategori
sangat layak, dan penilaian aspek kelayakan media sebesar 90% memiliki kategori
sangat layak. Nilai keefektifan media pembelajaran sebesar 79,8% dengan
kategori efektif. Sedangkan, nilai respon guru sebesar 92,8% dengan kategori
sangat layak, dan nilai respon siswa sebesar 96% memiliki kategori sangat layak.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran Explosion Box layak digunakan dalam proses pembelajaran di SD.