DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA TEMA 6 SUBTEMA 3 KELAS IV SD
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Marlina, Lina
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2021-11-30 03:53:21 
Abstract :
Salah satu model yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap kemandirian siswa pada tema 6 subtema 3 kelas IV SD. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap prestasi belajar siswa pada tema 6 subtema 3 kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2020/2021 di SDN Entalsewu Buduran pada kelas IV. Untuk penentuan sampel yaitu dengan teknik Sampling Jenuh. Instrumen penelitian ini yaitu dengan observasi dan tes. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji validitas tes, uji prasyarat analisis data dan uji Hipotesis. Untuk uji validitas tes meliputi hasil validasi ahli, uji validitas tes, reliabilitas tes, dan tingkat kesukaran soal sedangkan uji prasyarat analisis data mengunakan uji Normalitas dan Homogenitas. Hasil analisis data menggunakan uji Anova One Way. Dilihat dari hasil perhitungan uji anova one way diperoleh hasil pengujian tukey HSD diketahui nilai sig. dari talking stick terhadap kemandirian siswa adalah sebesar 0,86 > 0,05 sedangkan nilai sig. dari talking stick terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 0,99 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima, maka terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap kemandirian siswa dan prestasi belajar siswa pada tema 6 subtema 3 pembelajaran 2 kelas IV SDN Entalsewu Buduran. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo