Abstract :
Salah satu model yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran adalah model
pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap
kemandirian siswa pada tema 6 subtema 3 kelas IV SD. 2) Untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap prestasi
belajar siswa pada tema 6 subtema 3 kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah
penelitian Kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design. Penelitian ini
dilaksanakan pada tahun ajaran 2020/2021 di SDN Entalsewu Buduran pada kelas
IV. Untuk penentuan sampel yaitu dengan teknik Sampling Jenuh. Instrumen
penelitian ini yaitu dengan observasi dan tes. Sedangkan analisis data dalam
penelitian ini dengan menggunakan uji validitas tes, uji prasyarat analisis data dan
uji Hipotesis. Untuk uji validitas tes meliputi hasil validasi ahli, uji validitas tes,
reliabilitas tes, dan tingkat kesukaran soal sedangkan uji prasyarat analisis data
mengunakan uji Normalitas dan Homogenitas. Hasil analisis data menggunakan
uji Anova One Way. Dilihat dari hasil perhitungan uji anova one way diperoleh
hasil pengujian tukey HSD diketahui nilai sig. dari talking stick terhadap
kemandirian siswa adalah sebesar 0,86 > 0,05 sedangkan nilai sig. dari talking
stick terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 0,99 > 0,05. Hal ini
menunjukkan bahwa hipotesis diterima, maka terdapat pengaruh yang signifikan
dari model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap kemandirian siswa
dan prestasi belajar siswa pada tema 6 subtema 3 pembelajaran 2 kelas IV SDN
Entalsewu Buduran.