Abstract :
Penelitian ini membahas mengenai kemampuan menginterpretasi dan menganalisis
siswa dengan menggunakan metode pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) pada
kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh
terhadap kemampuan menginterpretasi dan menganalisis siswa pada pembelajaran
tematik dengan penggunaan metode pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) pada
kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan tiga tahap yaitu
pemberian pretest, perlakuan, dan posttest dengan subjek berjumlah 8 orang dari kelas
kontrol dan 8 orang dari kelas eksperimen dikarenakan keterbatasan peneliti dalam
melakukan penelitian di era pandemic Covid 19. Teknik dan pengumpulan data
menggunakan validasi ahli materi, tes pretest dan posttest, observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data berupa analisis data observasi siswa pada kelas
eksperimen yang diperoleh nilai rata-rata secara keseluruhan yaitu 92,5% yang
tergolong sangat baik, sedangkan hasil rata-rata pada kelas kontrol yaitu 90,6% yang
tergolong sangat baik.