Abstract :
Penelitian ini membahas mengenai bagaimana pemahaman dan keaktifan
siswa dengan menggunakan Modul Pop-Up Book pada kelas V Sekolah Dasar.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman dan keaktifan siswa pada
pembelajaran tema 5 sub tema 1 menggunakan Modul Pop-Up Book di kelas V
Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif (descriptive kuantitatif). Pada analisis pemahaman
menggunakan uji pre-test dan post-test, sedangkan analisis keaktifan menggunakan
tes observasi untuk siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Siwalan
Panji yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tahap
pertama peneliti dilakukan dengan pengamatan observasi I saat pembelajaran
kooperatif menggunakan buku tematik dan pemberikan post-test untuk kedua kelas.
Kemudian observasi II menggunakan modul pop-up book hanya untuk kelas
eksperimen dan diakhiri dengan pemberian soal post-test. Subjek penelitian
berjumlah 8 siswa di kelas eksperimen dan 5 siswa di kelas kontrol. Adanya
keterbatasan siswa yang diteliti merupakan dampak dari pandemik Covid-19.
Analisis pemahaman pada kelas eksperimen mendapat hasil rata-rata dari 56,88
menjadi 86,88 dan kelas kontrol dari 34 menjadi 53. Kategori tingkat pemahaman
kelas eksperimen yaitu sedang dengan interval antara skor 80-94. Sedangkan pada
kelas kontrol yaitu tingkat rendah dengan interval kurang dari skor 74. Data hasil
tes siswa dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan ? = 0,05 dan jika - t
table ? t hitung ? t tabel. Maka ?0 diterima/ tidak ada pengaruh. Berdasarkan nilai
t hitung dan nilai signifikan, diketahui jika ?0 kelas kontrol diterima sedangkan
kelas eksperimen ditolak. Kemudian pada analisis keaktifan menunjukkan
perbedaan pada tahap I dan II, dimana presentase kelas eksperimen dari 78%
menjadi 93% dengan selisih 15%. Sedangkan pada kelas kontrol dari 66% menjadi
70% dengan selisih 4%. Kriteria tingkat keaktifan kelas kontrol secara keseluruhan
termasuk sedang. Sedangkan kelas eksperimen termasuk kategori tinggi, yang
menandakan jika ada pengaruh signifikan pada keaktifan siswa kelas eksperimen
setelah menggunakan Modul Pop-Up Book.