DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA LIFT THE FLAP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Wati, Evie Tri Winarni
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2021-11-30 03:55:59 
Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang berawal dari masalah tingkat konsentrasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media lift the flap book untuk meningkatkan konsentrasi siswa pada kelas IV dengan subtema indahnya persatuan dan kesatuan negeriku, media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media agar dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D, selanjutnya model diadaptasi menjadi tahap: 1) Define (pendefinisian), 2) Design (perancangan) dan 3) Development (pengembangan). Ujicoba penelitian ini pada 12 siswa kelas IV SD, 6 siswa kelas eksperimen dan 6 siswa kelas kontrol. Hasil penelitian berupa media pembelajaran lift the flap book untuk meningkatkan konsentrasi siswa kelas IV SD. Penilaian validasi ahli materi dan ahli media menyatakan media lift the flap book yang dikembangkan ini layak diujicobakan. Hal tersebut terbukti dari penilaian ahli materi pada aspek pembelajaran diperoleh skor 34 dengan rata-rata 3,4 yang masuk dalam kategori baik dan presentase 85% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian ahli media pada aspek kelayakan memperoleh jumlah skor 23 dengan rata-rata 3,28 dan hasil presentase 57,5% masuk dalam kategori baik dan layak. Hasil penilaian dari praktisi guru memperoleh jumlah skor 34 dengan rata-rata 3,4 masuk dalam kategori baik dan sangat layak. hasil data respon siswa memperoleh jumlah skor 21,9 dengan ratarata 3,65 dan presentase 54,75%, yang masuk dalam kategori baik dan layak.Dalam hasil belajar atau pengerjaan soal juga terlihat peningkatan dari presentase sebelum dan sesudah menggunakan media, dengan presentase awal(pretest) sebesar 71,3% dan setelah(post-test) menggunakan media menjadi 93,3% yang menjelaskan bahwa setelah menggunakan media pembelajaran lift the flap book dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo