Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang berawal dari
masalah tingkat konsentrasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk
mengembangkan media lift the flap book untuk meningkatkan konsentrasi siswa
pada kelas IV dengan subtema indahnya persatuan dan kesatuan negeriku, media
yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media agar dapat
digunakan sebagai media pembelajaran.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and
development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D, selanjutnya model
diadaptasi menjadi tahap: 1) Define (pendefinisian), 2) Design (perancangan) dan
3) Development (pengembangan). Ujicoba penelitian ini pada 12 siswa kelas IV
SD, 6 siswa kelas eksperimen dan 6 siswa kelas kontrol.
Hasil penelitian berupa media pembelajaran lift the flap book untuk meningkatkan
konsentrasi siswa kelas IV SD. Penilaian validasi ahli materi dan ahli media
menyatakan media lift the flap book yang dikembangkan ini layak diujicobakan.
Hal tersebut terbukti dari penilaian ahli materi pada aspek pembelajaran diperoleh
skor 34 dengan rata-rata 3,4 yang masuk dalam kategori baik dan presentase 85%
dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian ahli media pada aspek kelayakan
memperoleh jumlah skor 23 dengan rata-rata 3,28 dan hasil presentase 57,5%
masuk dalam kategori baik dan layak. Hasil penilaian dari praktisi guru
memperoleh jumlah skor 34 dengan rata-rata 3,4 masuk dalam kategori baik dan
sangat layak. hasil data respon siswa memperoleh jumlah skor 21,9 dengan ratarata 3,65 dan presentase 54,75%, yang masuk dalam kategori baik dan
layak.Dalam hasil belajar atau pengerjaan soal juga terlihat peningkatan dari
presentase sebelum dan sesudah menggunakan media, dengan presentase
awal(pretest) sebesar 71,3% dan setelah(post-test) menggunakan media menjadi
93,3% yang menjelaskan bahwa setelah menggunakan media pembelajaran lift the
flap book dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa.