Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru mengenai berpikir
kritis dalam pembelajaran manusia purba di SMA Persatuan Tulangan.
Penelitian ini dilakukan di SMA Persatuan Tulangan pada bulan AgustusSeptember 2020. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kualitatif.
Pendekatan berpikir kritis dalam pembelajaran sejarah itu di jadikan fokus dalam
penelitian ini. Data di ambil dari siswa SMA kelas X di SMA persatuan Tulangan.
Pengumpulan data di lakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa: (1) Guru dan (2) Siswa memiliki persepsi positif terhadap evaluasi
pembelajaran sejarah dengan menggunakan berpikir kritis. Persepsi positif guru dan
siswa mencakup tiga indikator yaitu persepsi guru terhadap kemampuan berpikir
kritis siswa, kendala siswa terhadap berpikir kritis, upaya guru terhadap
implementasi berpikir kritis.