Abstract :
Pemanfaatan museum mpu tantular sebagai media pembelajaran dimaksudkan agar
antusiasme siswa untuk belajar mata pelajaran sejarah meningkat dan pembelajaran
tidak membosankan agar peserta didik belajarnya semakin aktif dan berkualitas.
Tujuan penelitian mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan media
pembelajaran museum mpu tantular. Untuk mencapai tujuan diatas digunakan
pendekatan kualitatif instrument kunci adalah informan (kepala sekolah dan guru
SMK Darul Huda), dan Teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang
tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian sebagai
berikut:(1) dalam perencanaan pembelajaran guru membuat RPP, merancang
metode, menyiapkan media (2) dalam pelaksanaan pembelajaran terdiri dari
beberapa tahap (3) evaluasi pembelajaran telah menunjukkan keberhasilan dalam
pemanfaatan museum Mpu Tantular sebagai media pembelajaran (4) sarana dan
kurangnya kreatifitas guru sejarah menjadi kendala dalam pembelajaran