DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013 DI SMA PERSATUAN TULANGAN SIDOARJO
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Fallo, Elfina Elta Yustina
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2021-11-30 03:56:57 
Abstract :
Dengan adanya perubahan Kurikulum 2006 atau yang lebih dikenal dengan KTSP menjadi Kurikulum 2013, diharapkan kurikulum baru ini sistem dalam pendidikan akan lebih baik. Namun dalam pelaksanaannya, pembelajaran sejarah Kurikulum 2013 di SMA Persatuan Tulangan berjalan kurang efektif, yang menjadi permasalahan utama yakni kurang aktifnya siswa kelas XI IPS 1 dalam proses pembeajaran di kelas, sedangkan dalam kurikulum 2013 diharapkan pola pembelajarannya berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan perangkat atau perencanaan pembelajaran sejarah menggunakan Kurikulum 2013 di SMA Persatuan Tulangan.(2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Sejarah menggunakan Kurikulum 2013 di SMA Persatuan Tulangan.(3) Untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran Sejarah menggunakan Kurikulum 2013 di SMA Persatuan Tulangan.(4) Untuk mendeskripsikan solusi untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran Sejarah menggunakan Kurikulum 2013 di SMA Persatuan Tulangan. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis berperan sebagai pengamat dalam observasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan: (1) Perangkat pembelajaran yang disusun oleh guru di SMA Persatuan Tulangan sudah baik dan sesuai dengan Kurikulum 2013 dengan fokus menggunakan pendekatan saintifik dan menitikberatkan pada pengembangan kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan. (2) Pelaksanaan pembelajaran pada kelas XI IPS 1 SMA Persatuan Tulangan cukup kondusif didukung dengan segala fasilitas yang cukup lengkap akan tetapi siswa kurang aktif dalam pembelajaran. (3) Kendala yang ada dalam pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu pada kelas XI IPS 1 SMA Persatuan Tulangan, yaitu: (a) guru ada kalanya menggunakan metode ceramah (b) kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran di kelas, (4) Solusi untuk mengatasi kendala yang ada yaitu: (a) guru bisa mengikuti MGMP dimana guru bisa mendapatkan tambahan ilmu baik untuk menyusun perangkat pembelajaran, mendalami materi, (b) guru lebih cermat dalam memilih metode pembelajaran sehingga siswa menjadi aktif. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo