Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Fallo, Elfina Elta Yustina
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2021-11-30 03:56:57
Abstract :
Dengan adanya perubahan Kurikulum 2006 atau yang lebih dikenal dengan
KTSP menjadi Kurikulum 2013, diharapkan kurikulum baru ini sistem dalam
pendidikan akan lebih baik. Namun dalam pelaksanaannya, pembelajaran sejarah
Kurikulum 2013 di SMA Persatuan Tulangan berjalan kurang efektif, yang menjadi
permasalahan utama yakni kurang aktifnya siswa kelas XI IPS 1 dalam proses
pembeajaran di kelas, sedangkan dalam kurikulum 2013 diharapkan pola
pembelajarannya berpusat pada siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan perangkat atau
perencanaan pembelajaran sejarah menggunakan Kurikulum 2013 di SMA
Persatuan Tulangan.(2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Sejarah
menggunakan Kurikulum 2013 di SMA Persatuan Tulangan.(3) Untuk
mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran Sejarah
menggunakan Kurikulum 2013 di SMA Persatuan Tulangan.(4) Untuk
mendeskripsikan solusi untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran
Sejarah menggunakan Kurikulum 2013 di SMA Persatuan Tulangan.
Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Penulis berperan sebagai pengamat dalam observasi. Sedangkan
dalam analisis data menggunakan langkah pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan oleh peneliti,
dapat disimpulkan: (1) Perangkat pembelajaran yang disusun oleh guru di SMA
Persatuan Tulangan sudah baik dan sesuai dengan Kurikulum 2013 dengan fokus
menggunakan pendekatan saintifik dan menitikberatkan pada pengembangan
kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan. (2) Pelaksanaan pembelajaran
pada kelas XI IPS 1 SMA Persatuan Tulangan cukup kondusif didukung dengan
segala fasilitas yang cukup lengkap akan tetapi siswa kurang aktif dalam
pembelajaran. (3) Kendala yang ada dalam pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu
pada kelas XI IPS 1 SMA Persatuan Tulangan, yaitu: (a) guru ada kalanya
menggunakan metode ceramah (b) kurang aktifnya siswa dalam proses
pembelajaran di kelas, (4) Solusi untuk mengatasi kendala yang ada yaitu: (a) guru
bisa mengikuti MGMP dimana guru bisa mendapatkan tambahan ilmu baik untuk
menyusun perangkat pembelajaran, mendalami materi, (b) guru lebih cermat dalam
memilih metode pembelajaran sehingga siswa menjadi aktif.