Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mampu meningkatkan pemahaman siswa akan
bagaimana pembelajaran sejarah dengan model make a match menggunakan media
kartu pada siswa kelas X di SMA Persatuan Tulangan Sidoarjo.
Penelitian ini dilakukan di SMA Persatuan Tulangan pada bualn AgustusSeptember 2020.Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kualitatif yang
dilakukan dengan 4 tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan wawancara
yang dilakukan dalan dua pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X
SMA Persatuan Tulangan tahun ajaran 2020-2021 dengan jumlah siswa sebanyak 13
siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan
observasi,wawancara,dan dokumentasi.Teknik analisis data adalah deskriptif kualitaif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : pengunaan model make a match pada
pertemuan pertama siswa memahami materi walaupun hanya sedikit siswa yang
merespon. Keterlibatan siswa berada pada tingakt yang rendah atau belum maksimal
karena siswa belum terbiasa dalam menggunakan media kartu terutama dalam
pembelajaran sejarah, pada pertemuan kedua aktivitas siswa pada pertemuan ke -11
dalam pelajaran dengan menggunakan power point terkait materi. Siswa lebih aktif,
lebih bersemangat dan lebih antusias dan sangat merespone dengan baik saat guru
menjelaskan materi dari pada pertemuan pertama karena mereka sudah memahami
topik pelajaran dan memahami cara menggunakan model make a match dengan baik.