Abstract :
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang
dibutuhkan dalam matematika, karena dengan berpikir kritis siswa dapat
mengembangkan kemampuan berpikir dalam mengatasi berbagai permasalahan
yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir
kritis matematika siswa SMP dalam menyelesaikan soal PISA ditinjau dari tingkat
kecerdasan emosional. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A sebanyak tiga orang di SMP Islam Al-Amin
Sidoarjo tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data menggunakan metode
angket, tes, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, siswa dengan kecerdasan
emosional tinggi dalam menyelesaikan soal PISA kurang mampu dalam
kemampuan berpikir kritis, siswa dengan kecerdasan emosional sedang dalam
menyelesaikan soal PISA mampu dalam kemampuan berpikir kritis, dan siswa
dengan kecerdasan emosional rendah dalam menyelesaikan soal PISA tidak mampu
dalam kemampuan berpikir kritis.