Abstract :
Kegiatan pembelajaran perlu pemilihan model pembelajaran yang menarik,
sehingga merangsang siswa berperan aktif dan kreatif untuk mencapai hasil
maksimal. Pembelajaran Quantum Teaching merupakan model pembelajaran yang
menyenangkan serta menyertakan segala dinamika yang menunjang keberhasilan
pembelajaran, dengan menyajikan cara-cara baru yang memudahkan proses belajar.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, hasil
belajar, dan respons siswa. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VII-B
sebanyak 6 siswa di SMP ISLAM AL-AMIN Sidoarjo tahun ajaran 2020-2021.
Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan angket.
Berdasarkan hasil penelitian kemampuan guru mengelola pembelajaran dikatakan
baik dengan rata-rata 3,11, aktivitas siswa masuk pada kategori baik, hasil belajar
siswa dinyatakan tuntas secara klasikal dengan persentase mencapai 83,3%, dan
respons siswa terhadap pembelajaran adalah positif.