Abstract :
Radio GEN FM Surabaya hadir dengan format siaran Contemporary Hits Radioyang ditujukan untuk segmentasi pendengar dari usia 18 hingga 34 tahun dengan awareness radio yang lokal, fun, dan muda. Dengan segmentasi pendengar yang sama, dibandingkan dengan radio yang lain, radio GEN FM Surabaya masihlah tergolong muda dengan usianya yang masih 8 tahun. Namun diusia yang masih muda ini radio GEN FM Surabaya tetap dapat bersaing dengan stasiun radio kompetitor dan memiliki pendengar yang loyal dengan aktif melakukan kegiatan Off Air , Online, dan On Air. Dari sinilah peneliti tertarik untukmeneliti dan menganalisa bagaimana kegiatan Off Air , Online, dan On Air yang dibuat oleh Radio GEN FM Surabaya dapat berjalan saling berkesinambungansebagai upaya untuk meningkatkan jumlah pendengarnya. Sehingga dengan metode kualitatif, peneliti menggunakan teoriIntegrated Marketing Communications sebagai pisau bedah untuk menganalisanya bagaimana Integrated Marketing Communications yang dilakukan radio GEN FM Surabaya dalam upaya meningkatkan jumlah pendengar.
Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa Integrated Marketing Communicationspada Radio GEN FM Surabaya berjalan secara strategiIntegrated Activty. Sehingga kegiatanOn Air, Online, danOff Air berjalan secaraIntegrated atau bahasa lainnya adalahtriple “Oâ€. Sehingga ketiganya harus saling berhubungan satu sama lain sebagai upaya radio GEN FM Surabaya dalam meningkatkan jumlah pendengarnya.
Kata Kunci: Radio, GEN FM, IMC