Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui pengaruh soal HOTS
terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada tema 8 sub tema 3 pembelajaran 1
dan pembelajaran 2 di kelas IV SD. 2. Untuk mengetahui pengaruh soal HOTS
terhadap hasil belajar siswa pada tema 8 sub tema 3 pembelajaran 1 dan
pembelajaran 2 di kelas IV SD. 3. Untuk mengetahui respon siswa terhadap soal
HOTS pada tema 8 sub tema 3 pembelajaran 1 dan pembelajaran 2 di kelas IV SD.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel
penelitian ini adalah 11 siswa SDN Mojorangagung dan 11 siswa SDN Kebaron.
Penelitian ini menggunakan metode tes tulis untuk mengetahui tingkat keterampilan
berpikir kritis dan hasil belajar dan angket untuk mengetahui respon siswa. Hasil
penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh soal HOTS terhadap
keterampilan berpikir kritis sebesar 55,7% dan memperoleh nilai korelasi sebesar
0,746 menunjukkan tingkat hubungan kuat. Hasil penelitian ini juga membuktikan
bahwa terdapat pengaruh soal HOTS terhadap hasil belajar siswa sebesar 49,0%
dan memperoleh nilai korelasi sebesar 0,700 menunjukkan tingkat hubungan kuat.
Hasil penelitian ini juga membuktikan terdapat respon sangat baik dari siswa hal
ini dapat diketahui melalui persentase yang diperoleh yakni 89,09%.