Abstract :
Dalam melaksanakan pembelajaran, siswa harusnya mampu menerapkan
pilar-pilar pendidikan karakter untuk mewujudkan ketercapaian penguatan pendidikan
karakter di sekolah, namun karena adanya wabah virus Covid-19 dan terjadi pandemi
maka pembelajaran di sekolah sementara dilaksanakan di rumah (daring). Hal ini
sangat berpengaruh terhadap karakter siswa pada masing-masing individu dalam
penerapannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter siswa
kelas V sekolah dasar pada sistem pembelajaran daring tema 8 lingkungan sahabat
kita subtema 3 usaha pelestarian lingkungan di masa pandemi Covid-19. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN
Kepunten tulangan sidoarjo. Penentuan subjek dilakukan berdasarkan hasil observasi
terhadap guru kelas yaitu 6 subjek penelitian yang masing-masing mempunyai 2
siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang dan 2 siswa
berkemampuan rendah. Instumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi
aktivitas siswa dan lembar angket respon siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu 2 siswa
yang berkemampuan tinggi mampu menerapkan pilar pendidikan karakter dan 3 pilar
pendidikan karakter, 2 siswa berkemampuan sedang masing-masing menerapkan 3
pilar pendidikan karakter dan 2 pilar pendidikan karakter, sedangkan 2 siswa yang
berkemampuan rendah mampu menerapkan masing-masing 2 pilar pendidikan
karakter.