DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KARAKTER SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA SISTEM PEMBELAJARAN DARING TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA SUBTEMA 3 USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN DI MASA PANDEMI COVID-19
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Wulansari, Putri
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2022-12-19 12:30:28 
Abstract :
Dalam melaksanakan pembelajaran, siswa harusnya mampu menerapkan pilar-pilar pendidikan karakter untuk mewujudkan ketercapaian penguatan pendidikan karakter di sekolah, namun karena adanya wabah virus Covid-19 dan terjadi pandemi maka pembelajaran di sekolah sementara dilaksanakan di rumah (daring). Hal ini sangat berpengaruh terhadap karakter siswa pada masing-masing individu dalam penerapannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter siswa kelas V sekolah dasar pada sistem pembelajaran daring tema 8 lingkungan sahabat kita subtema 3 usaha pelestarian lingkungan di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Kepunten tulangan sidoarjo. Penentuan subjek dilakukan berdasarkan hasil observasi terhadap guru kelas yaitu 6 subjek penelitian yang masing-masing mempunyai 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang dan 2 siswa berkemampuan rendah. Instumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan lembar angket respon siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu 2 siswa yang berkemampuan tinggi mampu menerapkan pilar pendidikan karakter dan 3 pilar pendidikan karakter, 2 siswa berkemampuan sedang masing-masing menerapkan 3 pilar pendidikan karakter dan 2 pilar pendidikan karakter, sedangkan 2 siswa yang berkemampuan rendah mampu menerapkan masing-masing 2 pilar pendidikan karakter. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo