DETAIL DOCUMENT
Efektivitas Film Warkop DKI Reborn : Jangkrik Boss! (Part: 1) Terhadap Eksistensi Warkop DKI di Kalangan Masyarakat Surabaya
Total View This Week2
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Aws
Author
Arnovriansyah
Subject
HE Transportation and Communications 
Datestamp
2019-04-11 08:26:02 
Abstract :
Efektifitas Film Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss (Part: 1) Terhadap Eksistensi Warkop DKI di Masyarakat Surabaya Masyarakat Indonesia tentu tak asing dengan nama Warkop DKI yang digawangi oleh Dono, Kasino, Indro, salah satu grup lawak di era 80an yang juga menghidupkan dunia komedi di Indonesia. Sejak meninggalnya dua personil Warkop, yaitu Dono dan Kasino, grup ini menjadi tidak lengkap. Sineas perfilman Indonesia berusaha menghidupkan kembali atmosfer lawakan Warkop DKI, dengan membuat film Warkop DKI Reborn : Jangkrik Boss! (Part 1). Film ini tenyata mendapatkan sambutan yang sangat baik dari masyarakat, dan mencatatkan rekor sebagai film Indonesia terlaris sepanjang masa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektifitas film Warkop DKI Reborn : Jangkrik Boss! (Part 1) terhadap eksistensi Warkop DKI di masyarakat Surabaya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori SMCR dan Teori Efektivitas Film. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Peneliti menggunakan metode survey, sementara pengolahan data menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini diketahui bahwa penonton Surabaya mempunyai sikap yang positif. Hal ini berarti penonton setuju bahwa film Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss (Part: 1) efektif terhadap eksistensi Warkop DKI. Kata kunci: Film, teori efek (kognitif, afektif, behavioral), eksistensi, sikap penonton. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Aws