Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh nilai siswa kelas IV SDN Mojorangagung yang
masih dibawah KKM yang telah ditentukan dengan menggunakan metode
konvensional dan audio visual materi tematik tema 9 subtema 2 Pemanfaatan
Kekayaan Alam di Indonesia. Hal ini dikarenakan siswa merasa bosan karena harus
menyimak pembelajaran dalam bentuk video dan siswa tidak dilibatkan secara
langsung dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode
Snowball Throwing, untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini
adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2020/2021 di
SDN Mojorangagung kelas IV A dan IV B dengan total sampel 12 siswa. Adapun
Insturmen pengumpulan datanya yaitu (1) Soal tes untuk mengetahui hasil belajar
siswa dalam pembelajaran (2) lembar pengamatan aktifitas siswa untuk mengetahui
keaktifan siswa dalam pembelajaran (3) Lembar angket respon siswa diberikan
untuk mengetahui respon siswa dalam pembelajaran Snowball Throwing.
Setelah peneiti mengadakan penelitian dengan pengaruh metode Snowbal
Throwing, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode Snowball
Throwing lebih baik daripada penggunaan metode konvensional yang dibantu
dengan media audio visual, karena siswa dilibatkan secara langsung dalam
pembelajaran sehingga siswa lebih aktif dalam pembelajaran, meskipun dalam hasil
belajar perbedaan yang dihasilkan tidak signifikan.