Abstract :
Pada era industri 4.0 ini perkembangan Teknologi Informatika dan
Komunikasi menjadi begitu pesat, guru harus menyiapkan strategi belajar yang
menarik agar dapat mempermudah proses pembelajaran serta penyampaian materi
kepada siswa. Menurut Mitra (2015) model pembelajaran SOLE adalah salah
satu model pembelajaran yang dibuat agar siswa dapat mengatur dirinya sendiri
ke dalam kelompok dan belajar menggunakan komputer atau smartphone yang
terhubung dengan internet dengan bimbingan guru. Dalam model pembelajaran
SOLE ditinjau dari kegiatan aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa,
serta respon angket siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kuantitatif yang dilakukan di MTs Bilingual Sabilil Khoir pada kelas VII pada
semester genap tahun ajaran 2020/2021 dengan menerapkan model pembelajaran
SOLE pada materi perbandingan. Jumlah pertemuan sebanyak satu kali dengan
waktu 80 menit. Pada pelaksanaan model pembelajaran SOLE pada penelitian ini
pada hasil aktivitas guru menunjukkan 3,27 kategori ?baik?. Pada hasil aktivitas
siswa mendapatkan hasil yang efektif. Pada bagian hasil belajar secara klasikal
mendapatkan 78,6% yang dikatakan ?tuntas?. Serta pada bagian respon siswa
dinyakatakn positif karena angket respon siswa pada kriteria ?sangat baik?