DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN Self Organized Learning Environment (SOLE) PADA MATERI PERBANDINGAN DI MTs BILINGUAL SABILIL KHOIR
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Mahfudhoh, Ifa Dwi
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2023-06-27 04:09:34 
Abstract :
Pada era industri 4.0 ini perkembangan Teknologi Informatika dan Komunikasi menjadi begitu pesat, guru harus menyiapkan strategi belajar yang menarik agar dapat mempermudah proses pembelajaran serta penyampaian materi kepada siswa. Menurut Mitra (2015) model pembelajaran SOLE adalah salah satu model pembelajaran yang dibuat agar siswa dapat mengatur dirinya sendiri ke dalam kelompok dan belajar menggunakan komputer atau smartphone yang terhubung dengan internet dengan bimbingan guru. Dalam model pembelajaran SOLE ditinjau dari kegiatan aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, serta respon angket siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan di MTs Bilingual Sabilil Khoir pada kelas VII pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 dengan menerapkan model pembelajaran SOLE pada materi perbandingan. Jumlah pertemuan sebanyak satu kali dengan waktu 80 menit. Pada pelaksanaan model pembelajaran SOLE pada penelitian ini pada hasil aktivitas guru menunjukkan 3,27 kategori ?baik?. Pada hasil aktivitas siswa mendapatkan hasil yang efektif. Pada bagian hasil belajar secara klasikal mendapatkan 78,6% yang dikatakan ?tuntas?. Serta pada bagian respon siswa dinyakatakn positif karena angket respon siswa pada kriteria ?sangat baik? 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo