Abstract :
Pembelajaran secara daring menimbulkan kecemasan bagi siswa seperti pemahaman yang kurang
terhadap materi serta waktu pengerjaan tugas yang singkat membuat siswa merasa tertekan. Selain
kecemasan siswa terhadap Pembelajaran Daring, terdapat kecemasan lagi yang dialami oleh siswa
yakni kecemasan terhadap matematika. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Tujuan penelitian ini
adalah untuk menganalisis kecemasan matematika siswa kelas X MA Bi?rul Ulum pada
pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 dan mendeskripsikan penyebab kecemasan
matematika yang dialami oleh siswa kelas X MA Bi?rul Ulum. Subjek dari penelitian ini adalah siswa
kelas X IPA MA Bi?rul Ulum Tahun Ajaran 2020-2021 yang memiliki kategori tingkat kecemasan
matematika sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes angket, tes soal, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, Siswa yang
memiliki kecemasan matematika sedang memiliki presentase tertinggi yakni 35,71 % siswa pada
kelas X IPA. Penyebab dari adanya kecemasan matematika siswa tersebut antara lain kurang percaya
diri serta adanya anggapan bahwa matematika itu rumit dan sulit. Peneliti menemukan bahwa
kecemasan matematika pada siswa tidak berpengaruh pada hasil tes soal yang diberikan.