Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Aws
Author
Romadhon, Mochhamad Syahrul
Subject
HE Transportation and Communications
Datestamp
2019-04-11 08:28:43
Abstract :
Salah satu radio internal di Surabaya adalah saluran radio yang dimiliki oleh PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. (Sampoerna) merupakan perusahaan rokok terkemuka di Indonesia, yaitu Radio Sampoerna yang berguna untuk mempermudah dalam menyebar luaskan informasi perusahaan kepada seluruh karyawan. Radio Sampoerna ini merupakan radio komunitas industri pertama dan satu-satunya di dunia yang dimiliki oleh PT. HM Sampoerna Tbk. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat keefektifan Radio Sampoerna sebagai media internal dalam menyampaikan informasi kebijakan manajemen kepada karyawan PT. HM Sampoerna Tbk. plant Rungkut I.
Untuk mengetahui efektif atau tidaknya Radio Sampoerna sebagai media komunikasi internal dalam menyampaikan informasi kebijakan manajemen PT. HM. Sampoerna Tbk. maka, dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian survey deskriptif dan menggunakan Simple Random Sampling atau teknik sampel random sederhana serta menggunakan rumus slovin untuk mengambil jumlah sampel minimum, sehingga didapatkan 98 karyawan atau responden. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis deskriptif melalui skoring atau pemberian nilai. Kemudian, menentukan jumlah dan batas-batas dari setiap kategori yaitu rendah, sedang dan tinggi.
Dari hasil analisa dan pembahasan H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, Radio Sampoerna efektif sebagai media internal dalam menyampaikan informasi khususnya pada aspek kognitif dengan kategori tinggi, sedangkan pada aspek lainnya yaitu afektif, kebutuhan, isi atau konten dan konatif, Radio Sampoerna juga efektif sebagai media internal dalam menyampaikan informasi pada tingkat kategori sedang.
Keyword : Efektifitas Informasi, Radio Internal Sampoerna, Karyawan, Management