Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran matematis pada
kemampuan matematika tinggi dan rendah dalam menyelesaikan soal model PISA
pada level 1, 2 dan 3 konten change and relationships. Jenis penilitian yang
digunakan adalah penelitian deskripsif kualitatif. Subjek pada penelitian ini pada
siswa kelas VIII SMP IT Ar Rahman Tulangan yang berjumlah 2 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode wawancara.
Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi dengan
membandingkan data hasil tes dengan data hasil wawancara untuk mendapatkan
data yang sama. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah kondensasi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian penalaran
matematis siswa dalam menyelesaikan soal model PISA yang memiliki
kemampuan matematika tinggi dapat memenuhi semua indikator kecuali 1
indikator pada soal level 2, sedangkan siswa yang memiliki kemampuan
matematika rendah hanya dapat memenuhi 1 indikator pada soal level 1 dalam
menyelesaikan soal model PISA pada level 1, 2, dan 3 pada konten perubahan dan
hubungan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki
kemampuan matematika tinggi termasuk dalam siswa yang memiliki penalaran baik
dan siswa berkemampuan rendah tegolong siswa yang memiliki penalaran yang
kurang dalam menyelesaikan soal model PISA