Abstract :
Pengembangan media pembelajaran komik berbasis android
dilatarbelakangi dengan banyaknya siswa yang sulit dalam mencapai
ketuntasan belajar pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
(SPLDV). Diketahui berdasarkan analisis lapangan, salah satu
penyebabnya adalah banyak waktu yang terbuang untuk memahami soal,
membuat model matematika dan penyelesaiannya. Tujuan dari penelitian
yaitu mengembangkan media pembelajaran yang menarik, mudah
digunakan dan bisa meningkatkan hasil belajar siswa terutama kelas VIII.
Karena banyak orang yang sudah menggunakan android seiring semakin
berkembangnya teknologi, maka media pembelajaran yang
dikembangkan berbasis android. Hal ini juga mendukung pelaksanaan
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi. Konsep media
pembelajaran yaitu penyampaian materi dalam bentuk komik yang
disesuaikan dengan urutan penyelesaian tiap langkah. Penelitian ini
ditujukan pada siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan 10 tahapan
model pengembangan menurut Sugiyono tahun 2012. Dan untuk kriteria
kualitas media pembelajaran menggunakan tiga kriteria menurut Nieveen
tahun 1999. Penyajian dan kesesuaian antara materi dan media dinilai
sangat valid dengan skor rata-rata 3,43. Kepraktisan bernilai sangat
praktis sehingga mudah digunakan oleh siswa dan guru dengan skor ratarata 3,42. Berdasarkan hasil belajar diperoleh bahwa media bernilai
efektif digunakan oleh siswa dengan skor rata-rata respons siswa 3,17,
dan skor rata-rata tes hasil belajar siswa 74,7, dengan KKM 70. Jadi
dapat disimpulkan media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi
kriteria.