Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Muzdalifah, Nur Hidayatul
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2023-06-27 06:10:29
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan penyelesaian bentuk soal
geometri verbal dan visual ditinjau berdasarkan kemampuan representasi matematis. Jenis
penelitian ini penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2020/2021 di
kelas X Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Darussalam Sidoarjo. Sampel dari penelitian
ini yaitu kelas X TKJ 1dan X TKJ 2. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan penyelesaian
antara tes geometri verbal dan visual ditinjau berdasarkan kemampuan representasi matematis.
Hal ini dibuktikan dari hasil uji mann whitney menggunakan SPSS, diperoleh nilai signifikansi
sebesar 0,001 dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga ?0 ditolak. Perbedaan tersebut
juga dapat dilihat melalui hasil tes geometri visual memiliki rata-rata yang lebih tinggi yaitu
80,42, dibandingkan hasil tes geometri verbal yaitu 52,33.