Abstract :
endidikan saat ini hanya mengedepankan penguasaan aspek keilmuan dan
kecerdasan siswa, soal matematika masih berkaitan dengan pengetahuan umum yang bersifat
fiktif. Untuk itu dibutuhkan pembelajaran berbasis kearifan lokal yang pembelajarannya
dikemas dengan menggunakan benda-benda, peristiwa-peristiwa, dan berbagai hal yang dekat
dengan kehidupan siswa untuk mengangkat potensi lokal daerah-daerah di Indonesia. Oleh
karena itu, peneliti mengembangkan Soal Matematika Realistik Berbasis Kearifan Lokal
(SMRBKL) Sidoarjo. Soal tersebut diharapkan tidak hanya sebagai alat ukur siswa tapi juga
sebagai langkah pembentukan karakter dengan dikenalkannya budaya-budaya lokal pada siswa.
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan soal matematika berbasis kearifan lokal Sidoarjo
pada materi bangun datar yang valid dan reliabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan
pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan 3 tahap uji
tes yaitu validasi pakar untuk menguji kelayakan soal, menguji kepraktisan dari segi
keterbacaan soal dengan siswa kelompok kecil, dan menguji kevalidan butir soal dan reliabilitas
soal dengan metode kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan 15 butir soal matematika berbasis
kearifan lokal Sidoarjo pada materi bangun datar yang sudah dinyatakan valid dengan nilai rhitung > r-tabel (0,4438) serta dinyatakan reliabel dengan nilai reliabilitas 0,97.