Abstract :
Peran guru sangat penting karena guru dapat menerapkan prosedur yang
berbeda di dalam kelas untuk mencapai tujuan pembelajarannya. Saat ini,
belajar dengan penggunaan kesadaran dan alam bawah sadar secara
simultan dibahas secara luas oleh para profesional pendidikan. Mengajar
dengan dua pikiran disebut hypnoteaching, dan seorang guru yang
mempraktikkan hipnosis di kelas disebut hipnotis. Jika seorang guru dapat
menerapkan prinsip-prinsip hipnosis di dalam kelas, maka guru tersebut
adalah seorang hypnotic teacher. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode
hypnoteaching terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan
pada tahun ajaran 2020/2021 di SMA Antartika Sidoarjo kelas X secara
daring. Penentuan sampel dilakukan secara acak sebanyak 15 siswa.
Penelitian ini menggunakan tes dan observasi sebagai teknik pengumpulan
data. Analisis data yang diperoleh r=0,271 dengan persentase koefisien
determinasi sebesar 27,1%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
metode hypnoteaching terhadap hasil belajar siswa pada materi nilai
mutlak dengan nilai t hitung (2,200) > t tabel (2,16037).