Abstract :
Magic additional magic additional prediction number adalah sebuah sulap matematika dengan
tipe prediksi yang dapat mengetahu hasil akhir penjumlahan pada saat angka baris pertama
ditulis, dan hanya berpedoman pada penjumlahan angka 9. Tujuan dari penelitian ini mengetahui
bagaimana efektivitas pembelajaran matematika menggunakan Magic Additional Prediction
Number terhadap minat belajar siswa.. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.
Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2019/2020 di SMP Walisongo Gempol kelas 7B.
Sebelum melaksanakan penelitian, peneliti menjalin kerja sama dengan wakil kepala sekolah
bidang kurikulum sebagai guru mitra, Selanjutnya peneliti menunjukkan instrumen penelitian
angket yaitu pelajaran matematika menggunakan magic additional prediction number terhadap
minat siswa. Pada saat data untuk melakukan penelitian telah terkumpul, selanjutnya dilakukan
pembuatan instrumen penelitian berupa kuisioner. Langkah-langkah yang dilakukan adalah
membuat kisi-kisi instrumen penelitian, menyusun instrumen penelitian berupa angket yang lalu
disampaikan kepada responden. Responden yang dipercaya untuk memberikan penilaian pada
instrumen penelitian ini berjumlah 28 siswa yang berasal dari sampel penelitian yang adalah
kelas 7B di SMP Walisongo Gempol. Kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas
instrumen, untuk mengetahui apakah data yang didapat valid atau tidak. Analisis data dari hasil
angket yang telah diperoleh dari responden kemudian dimasukkan kedalam tabel yang dapat
mendeskripsikan semua nilai dan jumlah dari data responden guna mengetahui nilai setiap
indikator. Hasil dari analisis dapat disimpulkan pernyataan nomor 2, 4, dan 6 dapat dikatan
sangat efektif. Hal ini sangat baik karena pernyataan tersebut membuat pelajaran matematika
semakin mengesankan dan siswa memperhatikan pelajaran sehingga memancing rasa ingin tahu
siswa. Pada pernyataan nomor 1, 3, 5, 7, 8, dan 10 dapat dikatakan efektif.