DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS PENGGUNAKAN MAGIC ADDITIONAL PREDICTION NUMBER TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Alim, Sholicul
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2023-06-28 14:16:05 
Abstract :
Magic additional magic additional prediction number adalah sebuah sulap matematika dengan tipe prediksi yang dapat mengetahu hasil akhir penjumlahan pada saat angka baris pertama ditulis, dan hanya berpedoman pada penjumlahan angka 9. Tujuan dari penelitian ini mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran matematika menggunakan Magic Additional Prediction Number terhadap minat belajar siswa.. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2019/2020 di SMP Walisongo Gempol kelas 7B. Sebelum melaksanakan penelitian, peneliti menjalin kerja sama dengan wakil kepala sekolah bidang kurikulum sebagai guru mitra, Selanjutnya peneliti menunjukkan instrumen penelitian angket yaitu pelajaran matematika menggunakan magic additional prediction number terhadap minat siswa. Pada saat data untuk melakukan penelitian telah terkumpul, selanjutnya dilakukan pembuatan instrumen penelitian berupa kuisioner. Langkah-langkah yang dilakukan adalah membuat kisi-kisi instrumen penelitian, menyusun instrumen penelitian berupa angket yang lalu disampaikan kepada responden. Responden yang dipercaya untuk memberikan penilaian pada instrumen penelitian ini berjumlah 28 siswa yang berasal dari sampel penelitian yang adalah kelas 7B di SMP Walisongo Gempol. Kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen, untuk mengetahui apakah data yang didapat valid atau tidak. Analisis data dari hasil angket yang telah diperoleh dari responden kemudian dimasukkan kedalam tabel yang dapat mendeskripsikan semua nilai dan jumlah dari data responden guna mengetahui nilai setiap indikator. Hasil dari analisis dapat disimpulkan pernyataan nomor 2, 4, dan 6 dapat dikatan sangat efektif. Hal ini sangat baik karena pernyataan tersebut membuat pelajaran matematika semakin mengesankan dan siswa memperhatikan pelajaran sehingga memancing rasa ingin tahu siswa. Pada pernyataan nomor 1, 3, 5, 7, 8, dan 10 dapat dikatakan efektif. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo