Abstract :
Penelitian ini berjudul “Makna Lirik Lagu “Si Pelanggan†karya Silampukau†yang di latar belakangi oleh menurunnya kualitas musik indonesia dikarenakan keinginan pasar atau label. Disatu sisi masih ada beberapa musisi indie yang masih bertahan dengan jalur indienya, salah satunya yaitu grup musik Silampukau. Silampukau adalah sebuah grup musik asal kota Surabaya yang sudah terkenal dikalangan penggemar musik indie karena lirik-liriknya mengangkat isu-isu sosial yang terjadi di kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana makna yang dibangun dalam lirik lagu “Si Pelanggan†karya Silampukau. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis wacana model Teun van dijk yang membaginya dalam tiga elemen yaitu teks, kognisi sosial, konteks sosial. Dengan menggunakan metode analisis wacana model Teun Van Dijk, peneliti berhasil mendapatkan simpulan dari penelitian ini bahwa, dari elemen Teks makna setiap bait yang ingin disampaikan pada lagu “Si Pelanggan†karya Silampukau ini tentang bagaimana sosok pria yang merindukan kehadiran dolly lagi, dimana dolly dahulu dijadikan tempat dimana pria-pria atau bahkan wanita untuk menghibur diri dari kejenuhan aktifitas sehari-hari atau karena permasalah dalam rumah tangga. Kemudian elemen selanjutnya yaitu kognisi sosial, dapat disimpulkan bahwa Silampukau sebagai pembuat teks benar-benar memahami permasalahan Kota Surabaya khususnya Dolly, sehingga terciptanya lagu “Si Pelangganâ€. Elemen yang terakhir adalah konteks sosial dimana wacana-wacana yang berkembang di masyarakat tentang Dolly benar-benar sesuai atau relevan dengan lagu “Si Pelangganâ€, karena memang sejatinya lagu ini berangkat dari narasi-narasi kecil yang sering mereka dengarkan di Warung Kopi, Terminal.
Kata Kunci : Analisis Wacana Teun Van Dijk, Lirik Lagu.