DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Sabiriah, Alifia Acik
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2023-06-29 04:18:46 
Abstract :
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Pre-Experimental design. Desain eksperimen ini menggunakan one-group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Siwalanpanji Buduran Sidoarjo pada kelas IV-C. Sampel penelitian adalah sebagian siswa kelas IV-C dengan pertimbangan 3 siswa yang berkemampuan tinggi, 3 berkemampuan sedang, 3 berkemampuan rendah. Teknik pengambilan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan tes dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil Uji Paired Sample T test antara hasil pretest dan posttest mengalami peningkatan adalah 5,00 sedangkan jumlah rangking positif atau sum of rank adaalah sebesar 45,00. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikansi dari pengaruh model pembeljaran problem solving terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal cerit matematika. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo