Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan literasi matematis siswa
dalam menyelesaikan soal matematika model PISA konteks occupational. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun
ajaran 2021/2022 di kelas IX SMP Negeri 2 Candi. Subjek penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini sebanyak 6 siswa yang terdiri 2 siswa
berkemampuan matematis tinggi, 2 siswa berkemampuan matematis sedang dan 2
siswa berkemampuan matematis rendah. Instrumen yang digunakan berupa 4 soal
matematika model PISA dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini
berdasarkan pada proses literasi matematis yaitu formulate, employ, dan
interprete. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan matematis
tinggi dan siswa berkemampuan matematis sedang mampu menyelesaikan soal
matematika model PISA, hanya saja pada proses formulate mereka kurang
terbiasa menyelesaikan permasalahan dengan menuliskan informasi ke dalam
lembar jawaban. Sedangkan siswa berkemampuan matematis rendah belum
mampu menyelesaikan masalah dikarenakan belum bisa menerapkan dan
menginterpretasikan permasalahan dengan tepat.