DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Pembelajaran The Learning Cell Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Innanih, Hidayatul
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2023-06-29 04:25:21 
Abstract :
The learning cell merupakan suatu bentuk pembelajaran kooperatif, dimana salah satu siswa sebagai tutor dan siswa yang satu sebagai fasilitator, the learning cell juga dapat membantu siswa memahami materi pelajaran yang sulit. Model the learning cell memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar dan menjelaskan kepada temannya sesuai dengan kemampuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, siswa, serta kemampuan siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif menggunakan desain One-Shot Case Study dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP YPM 2 Sukodono tahun ajaran 2019/2020, pengambilan data dilakukan pada saat pandemi jadi sampel hanya berjumlah 10 siswa dari kelas VIII-A menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan wawancara. Observasi digunakan untuk menilai kemampuan yang dicapai oleh siswa, tes digunakan untuk melihat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal, wawancara digunakan untuk memperoleh data-data pendukung penelitian. Dari hasil analisis diperoleh asumsi yang terpenuhi residual berdistribusi normal, bersifat homogen, dan tidak ada korelasi antar residual. Sedangkan uji t diperoleh ?hitung diketahui sebesar 0,428, ?????? sebesar 2,306, ? ?tabel (-2,306) ? ?hitung (0,428) ? ?tabel (2,306) maka ?0 diterima. Dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh model pembelajaran the learning cell terhadap kemampuan pemecahan masalah. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo