Abstract :
Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar dilaksanakan dengan tujuan agar siswa mampu
melatih keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Metode pembelajaran bahasa
Indonesia yang digunakan di sekolah dasar masih berupa metode pembelajaran konvensional.
Keadaan seperti itu terjadi pada pembelajaran di SDN Siwalanpanji Sidoarjo, yang berakibat pada
rendahnya kemampuan menulis siswa khususnya menulis puisi. Salah satu upaya untuk mengatasi
masalah tersebut adalah penggunaan metode karyawisata dalam pembelajaran bahasa Indonesia
materi menulis puisi pada siswa kelas IV SDN Siwalanpanji Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan
untuk mengetahui apakah metode karyawisata berpengaruh terhadap kemampuan dan hasil belajar
bahasa Indonesia materi menulis puisii pada siswa kelas IV SDN Siwalanpanji Sidoarjo. Penelitian
yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen menggunakan nonequivalent control group
design dengan jumlah populasi 20 siswa. Sampel dalam penelitian diambil dengan teknik sampling
jenuh, sehingga seluruh populasi dijadikan sampel yakni 10 siswa kelas IVA sebagai kelas
eksperimen dan 10 siswa kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data wawancara,
dokumentasi, tes, dan kuesioner (angket). Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara,
dokumen, tes, dan angket. Teknik analisis data yakni validitas, reliabilitas, normalitas,
homogenitas, dan pengujian hipotesis. Perhitungan analisis data menggunakan program SPSS versi
23. Hasil yang diperoleh dari uji Paired Samples T-test yaitu dengan nilai thitung sebesar 16.054
sehingga t-hitung (16.054) ttabel (1,949) maka H1 ditolak dan H0 diterima. Selain itu didukung
dari nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H1 ditolak dan H0 diterima yaitu adanya
perbedaan antara kedua varians data pre-test dengan post-test tersebut. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa metode pembelajaran karya wisata berpengaruh terhadap Kemampuan menulis puisi siswa
pada pembelajaran tematik subtema Aku dan cita-citakaku.