Abstract :
Salah satu model yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran adalah
model pembeljaran Problem Based Intruction. Tujuan penelitian ini adalah 1)
Mengetahuiperencanaan model Problem based instruction tema 4 subtema 1
peredaran darahku sehat di kelas 5 SD Negeri BluruKidul 2 Sidoarjo. 2)
Mengetahui pengaruh penggunaan model problem based instruction terhadap
karakter kreatif siswa pada tema 4 subtema 1 peredaran darahku sehat di kelas 5
sekolah dasar. 3) Mengetahui pengaruh model problem based intruction terhadap
karakter bertanggung jawab siswa pada tema 4 subtema 1 peredaran darahku sehat
di kelas 5 sekolah dasar. Jenis penelitian ini kuatitatif dengan desain nonequivalent group design. Penelitian ini dilaksanakan siswakelas VB tahunajaran
2020-2021 di SD Negeri BluruKidul 02 Sidoarjo. Untuk penentuan sampel yaitu
dengan teknik Sampling Jenuh. Instrumen penelitian ini yaitu dengan observasi
dantes. Sedangkanan analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan
ujivaliditas tes, uji prasyarat analisis data dan uji Hipotesis. Untuk ujivaliditas tes
meliputi hasil validasi ahli, ujivaliditas tes, reliabilitastes, dan tingkat kesukaran
soal sedangkan ujiprasyarat analisis data mengunakan uji Normalitas dan
Homogenitas. Hasil analisis data menggunakan uji polled varians.
Untukujivaliditasdanreliabilitastesdianalisismenggunakankorelasi person pada
SPSS 18,0 for windows, sebanyak 20 item dengan 25 responden setelah diajukan
dinyatakan valid, dengan Ttabel= 0,396, dan semua item dikatakan reliable
dengan cronbach?salpha = 0,743 ? 0,70 maka dapat dikatakan reliabel. Pada uji
normalitas berdistribusi normal karena memiliki Asymp.Sign?0,05, hasil belajar
kelas eksperimen memiliki sign 0,146 dan kelas control memiliki sign 0,846.Hal
ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima, maka terdapat pengaruh yang
signifikan dari model pembelajaran Pengaruh Model Problem Based Intruction
Terhadap Karakter Kreatif Dan Bertanggung Jawab SiswaDalamTema 4 Subtema
1 Peredaran Darahku SehatKelas 5 SekolahDasar.