Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi
matematika siswa dalam menyelesaikan soal model PISA, menggunakan metode
kualitatif dengan pendekatan untuk mengeksplorasi dan memahami suatu gejala
dengan mengajukan pertanyaan kepada responden, serta menganalisis data untuk
menarik kesimpulan . Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 3 siswa SMP yang
berusia 15 tahun dengan kriteria berkemampuan matematika tinggi, sedang dan
rendah. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal tes dan wawancara. Hasil
penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa, siswa berkemampuan matematika
tinggi dan sedang mempunyai kemampuan literasi matematis yang baik, yakni
siswa mampu menyelesaikan soal dengan tepat tetapi belum memenuhi indikator
interpret. Siswa yang berkemampuan matematika rendah tidak dapat
menyelesaikan soal dengan benar dan belum memenuhi semua indikator pada
aspek proses matematis, hanya memenuhi dua aspek proses matematis yakni
formulate dan employ