Abstract :
Penalaran Matematis peserta didik jika ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan
impulsif dalam penyelesaian matematika yang berkaitan dengan bangun datar dan
penalaran matematis digunakan untuk berfikir secara mendalam yang
dihubungkan dengan gaya reflektif dan impulsif. Sehingga diharapkan guru
mengetahui sejauh mana proses berfikir reflektif dan impulsif dalam
menyelesaikan masalah berdasarkan gaya kognitif yang dimiliki peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui profil penalaran matematis peserta didik pada materi bangun datar
berdasarkan gaya kognitif reflektif dan impulsif. Subjek dari penelitian ini adalah
siswa kelas VII SMP PGRI 16 Sidoarjo tahun ajaran 2020-2021 yang memiliki
gaya kognitif reflektif dan impulsif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes
gaya kognitif, tes penalaran dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian peneliti
melihat dari hasil tes penalaran bahwa subyek penelitian dapat membedakan
hasil keliling persegi panjang dengan jajar genjang. Maka dapat disimpulkan
bahwa materi bangun datar bisa digunakan untuk mengetahui penalaran
matematis subyek.