DETAIL DOCUMENT
Profil Penalaran Matematis Peserta Didik Pada Materi Bangun Datar Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Veronica, Veni Anse
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2023-07-03 04:21:27 
Abstract :
Penalaran Matematis peserta didik jika ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif dalam penyelesaian matematika yang berkaitan dengan bangun datar dan penalaran matematis digunakan untuk berfikir secara mendalam yang dihubungkan dengan gaya reflektif dan impulsif. Sehingga diharapkan guru mengetahui sejauh mana proses berfikir reflektif dan impulsif dalam menyelesaikan masalah berdasarkan gaya kognitif yang dimiliki peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil penalaran matematis peserta didik pada materi bangun datar berdasarkan gaya kognitif reflektif dan impulsif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP PGRI 16 Sidoarjo tahun ajaran 2020-2021 yang memiliki gaya kognitif reflektif dan impulsif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes gaya kognitif, tes penalaran dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian peneliti melihat dari hasil tes penalaran bahwa subyek penelitian dapat membedakan hasil keliling persegi panjang dengan jajar genjang. Maka dapat disimpulkan bahwa materi bangun datar bisa digunakan untuk mengetahui penalaran matematis subyek. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo