DETAIL DOCUMENT
Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Metode Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Microsoft Team dan WhatsApp Pada Materi Bilangan Bulat Di Kelas VII SMP 10 Nopember Sidoarjo
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Guritno, Agung Luhur
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2023-06-27 03:36:42 
Abstract :
Pada tahun 2020 ini dunia sedang dilanda oleh pandemi virus Covid ? 19 yang mengakibatkan sesak nafas dan berujung pada kematian, oleh sebab itu semua kegiatan masyarakat dialihkan menjadi kegiatan online (daring) termasuk kegiatan pendidikan untuk meminimalisir pertemuan terbuka yang menjadi media penyebaran virus. Menurut Dian dalam laman berita KOMPAS TV (2020) selama pembelajaran daring berlangsung baik guru, siswa dan orang tua menganggap masih banyak kekurangan dalam pembelajaran daring, terutama dari segi perangkat yang digunakan dan pengeluaran biaya tambahan, ini membuat guru, siswa dan orang tua lebih mengharap pemerintah segera melakukan pembelajaran tatap muka. Dalam metode pembelajaran ditinjau dari nilai soal tes serta angket respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif yang dilaksanakan di kelas VII SMP 10 Nopember Sidoarjo pada semeter genap tahun ajaran 2020/2021 dengan menerapkan metode daring dengan Microsoft Team dan WhatsApp pada materi bilangan bulat. Jumlah pertemuan sebanyak 2 kali dengan waktu 120 menit. Pada pelaksanaan metode daring Microsoft Teams di kelas VII D dan kelas VII E metode WhatsApp. Pengambilan keputusan berdasarkan Uji Mann Whitney, nilai Asymp.Sig (2-tailed) 0,223 > 0,05, maka Ho diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dari kelas VII D sebagai kelas daring Microsoft Team dan kelas VII Esebagai kelas daring WhatsApp 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo