Abstract :
Pada tahun 2020 ini dunia sedang dilanda oleh pandemi virus Covid ? 19
yang mengakibatkan sesak nafas dan berujung pada kematian, oleh sebab
itu semua kegiatan masyarakat dialihkan menjadi kegiatan online (daring)
termasuk kegiatan pendidikan untuk meminimalisir pertemuan terbuka
yang menjadi media penyebaran virus. Menurut Dian dalam laman berita
KOMPAS TV (2020) selama pembelajaran daring berlangsung baik guru,
siswa dan orang tua menganggap masih banyak kekurangan dalam
pembelajaran daring, terutama dari segi perangkat yang digunakan dan
pengeluaran biaya tambahan, ini membuat guru, siswa dan orang tua lebih
mengharap pemerintah segera melakukan pembelajaran tatap muka.
Dalam metode pembelajaran ditinjau dari nilai soal tes serta angket respon
siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif yang dilaksanakan di
kelas VII SMP 10 Nopember Sidoarjo pada semeter genap tahun ajaran
2020/2021 dengan menerapkan metode daring dengan Microsoft Team
dan WhatsApp pada materi bilangan bulat. Jumlah pertemuan sebanyak 2
kali dengan waktu 120 menit. Pada pelaksanaan metode daring Microsoft
Teams di kelas VII D dan kelas VII E metode WhatsApp. Pengambilan
keputusan berdasarkan Uji Mann Whitney, nilai Asymp.Sig (2-tailed)
0,223 > 0,05, maka Ho diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak
ada perbedaan yang signifikan dari kelas VII D sebagai kelas daring
Microsoft Team dan kelas VII Esebagai kelas daring WhatsApp