DETAIL DOCUMENT
ANALISIS LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Sahrina, Alfi
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2023-06-29 11:21:55 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematis peserta didik kelas VII ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPIT Nurul Islam Krembung kelas VII pada tahun ajaran 2020/2021. Penentuan subjek dilakukan dengan memberikan tes GEFT. Dari hasil tes GEFT diperoleh 2 subjek penelitian yaitu 2 peserta didik field dependent dan 2 peserta didik field independent. Analisis data dalam penelitian ini meliputi: kondensasi data, menyajikan data, dan menarik simpulan. Peserta didik filed independent memenuhi proses literasi matematis yaitu merumuskan (formulate), menerapkan (employ), dan menafsirkan (interprete). Sedangkan peserta didik field dependent pada proses literasi matematis hanya memenuhi proses merumuskan (formulate). 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo