Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang
dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal numerasi pada materi penyajian
data. Tahapan kesalahan yang digunakan yaitu tahapan kesalahan menurut
Newman yaitu 1) Kesalahan Membaca 2) Kesalahan Memahami 3) Kesalahan
Transformasi 4) Kesalahan Keterampilan Proses 5) Kesalahan Penulisan Jawaban
Akhir. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini
dilaksanakan pada tahun ajaran 2021/2022 di SMPN Satap Benteng Sipi Kelas
VIII. Penentuan subjek dilakukan dengan memberikan lembar soaltes yang
berupa 3 soal cerita penyajian data dan pedoman wawancara kemudian dianalisis
menggunakan reduksi data. Hasil soal tes dianalisis kemudian disajikan dalam
tabel kesalahan siswa berdasarkan jenis kesalahan yang dilakukan siswa.
Selanjutnya dipilih 4 siswa dengan kesalahan terbanyak. Kesalahan siswa
berkemampuan sedang yaitu: kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan
proses, kesalahan penulisan jawaban akhir. Faktor penyebab dikarenakan kurang
teliti dalam menyelesaikan soal dan Kesalahan yang dilakukan siswa
berkemampuan rendah yaitu: kesalahan memahami, kesalahan transformasi,
kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan akhir. Faktor penyebab
kurangnya pemahaman siswa terhadap materi penyajian data, siswa kurang
mampu dalam menyelesaikan soal penyajian data, kurang mampu dalam
menyusun langkah-langkah yang sistematis dalam menjawab soal penyajian data
dan kurang teliti dalam mengerjakan soal yang diberikan.