DETAIL DOCUMENT
PENGARUH GAME ONLINE CLASH OF CLANS TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU KOMUNITAS COC AREK BUNGKUL “Penelitian Kuantitatif Terhadap Komunitas COC Arek Bungkul di Taman Bungkul Surabaya”
Total View This Week1
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Aws
Author
DAMAYANTI, ARRIZQI MAULIDINA
Subject
HE Transportation and Communications 
Datestamp
2019-04-16 03:30:37 
Abstract :
Fenomena kemunculan game online nampaknya menyita perhatian para pemain. Banyak game online yang disediakan dan bisa diperoleh dengan mudah, hanya dengan mendownload di aplikasi playstore kita sudah dapat mencari game sesuai yang kita inginkan. Terbaru ini game COC yang marak sekali dimainkan, bahkan hingga terbentuk persatuan pencinta CoC, memacu pada fenomena gemar memainkan game CoC ini. Teori S-O-R digunakan dalam penelitian ini untuk melihat adakah pengaruh atau efek yang timbul dari game online CoC. Penilitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh game online CoC terhadap perubahan perilaku komunitas game online CoC arek Bungkul Surabaya. Game ini merupakan game strategi perperangan. Populasi dalam penelitian ini adalah komunitas game online CoC Arek Bungkul Surabaya. Peneliti memilih karena sudah pasti bermain CoC. Untuk menentukan jumlah sample digunakan rumus Slovin dengan presisi 10%, sehingga diperoleh sample sebanyak 50 orang. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner. Indikator variabel dalam penelitian ini yaitu variabel independent adalah game online CoC yang meliputi durasi, atensi, dan frekuensi. Sedangkan variabel dependen adalah perilaku komunitas Game online CoC arek Bungkul Surabaya yang meliputi kognitif, afektif dan konatif yang dapat diukur dengan menentukan perilaku yang berubah. Hipotesis penelitian ini adalah Ho yaitu tidak terdapat perubahan perilaku terhadap komunitas Game Online Clash of Clans Arek Bungkul Surabaya, Ha yaitu terdapat perubahan perilaku terhadap komunitas Game Online Clash of Clans Arek Bungkul Surabaya.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kuesioner yaitu daftar pertanyaan yang harus diisi oleh responden. Dalam penelitian ini teknik analisa data menggunakan analisis deskriptif menggunakan tabel frekuensi dan korelasi regresi. Dari hasil pengujian dan pembahasan yang telah dilakukan pada bab sebelumnya maka dapat ditarik kesimpulan yaitu terdapat perubahan perilaku atau pengaruh positif dan negative terhadap komunitas Game Online Clash of Clans Arek Bungkul Surabaya. Pengaruh positif yaitu mempunyai banyak teman dan pengaruh negative yaitu kecanduan, sehingga lupa dengan tanggung jawab. Kata kunci : Pengaruh, Perubahan perilaku, game online 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Aws