DETAIL DOCUMENT
Pengembangan LKS Berbasis HOTS Terhadap Keterampilan Pemahaman Materi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Siwalanpanji Sidoarjo
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Isnaini, Yasmin Wahyu
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2023-07-03 04:14:54 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Bagaimana pengembangan lembar kerja siswa berbasis HOTS pada siswa kelas IV sekolah dasar, 2) Bagaimana kefeektifan penggunaan lembar kerja siswa berbasis HOTS terhadap keterampilan memahami materi pada siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan jenis penelitian Research and Development populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 15 siswa. Instrument tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar pada siswa yaitu tes pilihan ganda dan uraian berbentuk Pre test dan Post test sebanyak 10 soal yang telah divalidasikan oleh dosen ahli dan siswa. Analisis data yang digunakan yaitu normalitas dan homogenitas data Pre test dan Post test. Temuan penelitian ini sebagai berikut: 1) penggunaan LKS berbasis HOTS berperan sebagai media yang digunakan untuk menyampaikan pembelajaran yang di ajarkan guru, 2) hasil keefektifan pengembangan lembar kerja siswa berbasis HOTS terhadap keterampilan pemahaman materi pada siswa kelas IV sekolah dasar diperoleh rata-rata Post test sebesar 84,4, sedangkan rata-rata yang diperoleh dari Pre test sebesar 68,2. berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh jika Sig > 0,5 maka H? diterima jika sebaliknya Sig < 0,05 maka H? ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKS berbasis HOTS berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo