Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang ada di kelas V Sekolah
Dasar. Dari permasalahan tersebut peneliti ingin memberikan media yang dapat menarik
dalam proses pembelajaran. Dengan kondisi adanya pandemi covid 19, media yang
digunakan oleh guru hanya buku siswa, dan penggunaan buku siswa dirasa kurang
sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Sehingga beberapa siswa belum mencapai
kriteria kententuan minimal (KKM) dengan hasil belajar. Dari permasalahan tersebut,
peneliti ingin memberikan media yang dapat menarik dalam proses pembelajaran.
Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh media google earth terhadap keaktifan
siswa dalam pembelajaran tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan metode preeksperimental
design. Berdasarkan hasil yang diperoleh dengan rata-rata hasil belajar
kelas eksperimen adalah 90.5, sedangkan kelas kontrol adalah 61,5. Dari hasil belajar
tersebut dapat diketahui bahwa penggunaan media google earth pada siswa kelas V SD
sangat berpengaruh baik, serta keaktifan siswa setelah menggunakan media google
earth mengalami peningkatan.